Tips Memilih HP Android yang Tepat - Mak'Tratap
News Update
Loading...

Monday, February 4, 2019

Tips Memilih HP Android yang Tepat

MaktratapTips Memilih HP Android yang Tepat

Tips Memilih HP Android yang Tepat

Banyak orang kalo milih hape atau smartphone, khususnya hape Android, cuman ngeliat detail specs dan murahnya harga. Jadi kalo udah murah specs nya tinggi, langsung jadi pilihan utama. Tetapi sebenarnya hape bukan cuman sekedar specs, di artikel ini mimin akan bagikan beberapa tips memilih hape atau samrtpgone yang tepat, dengan membeberkan beberapa faktor kunci yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan beli.

1. Experience

Faktor penting pertama yang perlu kamu utamakan adalah experience. Experience ini artinya enak nggak sih hape waktu dipake? Nyaman apa enggak sih? Nah experience yang baik itu kombinasi antara hardware yang bagus dan software yang bagus juga. Percuma specs tinggi banget, tapi kalo stock OS nya berat, experience nggak bakal maksimal. Atau gak enak juga kalo specs tinggi, stock ROM nya oke, tapi iklannya banyak. Ini juga kurang maksimal.

Jadi alih-alih memilih berdasarkan specs, mulailah memilih berdasarkan experience penggunaan.

Kecuali kamu biasa oprek Android dan bisa install custom ROM dengan experience yang kamu sukai, maka pastikan sebelum beli pastikan dulu experience nya enak apa enggak.

Apakah dipake lancar? Apakah OS nya smooth? Apakah banyak iklannya atau enggak? Panas apa enggak waktu dipake? Pastikan sebelum beli kamu udah tau experience nya seperti apa, baik itu dari coba langsung atau dari nonton review. Karena experience secara keseluruhan jauh lebih penting daripada sekedar tingginya specs.


2. Performa Nyata

Faktor penting kedua yang perlu jadi catatan, untuk segala aspek yang kamu perlukan, utamakan performa nyata diatas performa kertas. Maksudnya disini adalah kalo kamu butuh hape dengan kamera bagus, alih-alih cuman liat berapa MP kameranya diatas kertas, liat gimana kualitas hasil jepretannya. Atau kalo kamu butuh layar yang lega dan tajam, alih-alih cuman liat besar resolusinya, liat gimana ketajaman warnanya secara nyata. Nyaman nggak di mata, dsb.

Disinilah kamu perlu mencoba unit demo nya atau teliti dalam berburu review dari YouTube maupun sumber lainnya. Ini berlaku juga untuk semua aspek yang kamu perlukan.

3. Dukungan Update

Faktor penting ketiga yang wajib kamu pertimbangkan adalah dukungan update dari brand hape tersebut. Kamu bisa liat reputasi update brand dari seri hape yang mereka rilis sebelumnya.

Apakah brand tersebut rutin rilis patch security Android? Apakah brand itu terbukti ngasih update versi Android terbaru? Ada banyak berita yang bisa kamu telusuri, karena update ini penting banget, terutama update patch security dan perbaikan bug, jadi pastikan membeli hape dengan dukungan update yang bagus dan responsif.

4. Keawetan Baterai

Faktor keempat ini saya dapatkan dari pengalaman sewaktu beli Galaxy S8 dulu. Hape yang keren, specs mumpuni, layarnya bening, terkadang jadi ngeselin karena baterainya cepet banget habis. Nggak enak kemana-mana harus bawa powerbank, atau saat butuh hape untuk hal-hal penting, malah posisinya low-bat atau bahkan mati. Karena sekeren apapun hapenya, jadi nggak berguna kalo dalam kondisi mati. Dan sekencang apapun hape-nya, bakal jadi lemot juga kalo dalam kondisi low-bat dan battery saver aktif.

Untuk itu pastikan kalo memilih hape Android, kapasitas baterainya mumpuni untuk aktivitas kamu. Kalo kamu sering aktivitas outdoor, pastikan pilih yang kapasitas baterainya besar dan cukup untuk memenuhi kebutuhan.


Sekarang ada banyak pilihan hape Android dengan baterai awet, ada yang 4000mAh ada yang 5000mAh. Atau ada juga yang meskipun baterainya gak berkapasitas besar, tetapi tetep awet karena specs dan layarnya sesuai dengan kapasitas baterainya. Jadi keawetan baterai ini juga penting banget kamu pertimbangkan.

5. Dukungan Servis dan Garansi


Faktor kelima ini juga penting tapi banyak diabaikan, yaitu dukungan servis dan garansi. Sejak belanja online menjamur ini memang hape dari berbagai brand mudah dibeli dan ditemukan, tetapi sebenarnya nggak semua brand punya jaminan garansi dan service center yang luas di Indonesia. Kalo kamu beli hape baru, saya sarankan beli yang resmi masuk ke Indonesia dengan jaminan garansi yang resmi juga. Memang nggak semua unit bermasalah, tetapi kalo kamu apes dan dapet unit hape yang bermasalah, setidaknya kamu bisa tukar unit atau dapat servis gratis dari masa garansi.

Luasnya service center juga penting, ada beberapa brand hape yang service centernya tersebar di hampir semua kota ada, tapi ada juga yang cuman sedikit banget dan ada di kota besar. Jadi itu perlu kamu pertimbangkan juga.

6. Timing

Nah yang keenam, ini adalah timing. Pastikan beli hape bukan di minggu-minggu pertama atau bulan-bulan pertama rilis. Harganya masih mahal-mahalnya. Memang sih seru punya hape baru tidak lama dari tanggal perilisannya, tetapi sebenarnya di awal-awal rilis ini hype nya masih tinggi dengan harga yang tinggi juga. Padahal kalo sabar beberapa bulan kemudian, harganya bisa turun selisih jauh. Intinya jangan kemakan hype.

Jadi selain di awal rilis ada flash sale dan diskon khusus, sebaiknya tunggu beberapa bulan baru beli hape yang kamu incar.

7. Harga Jual Second


Faktor penting ketujuh yang perlu diperhatikan adalah harga jual second nya. Jadi kalo beli hape, saya sarankan pilih yang harga jual second nya tinggi, dan daya beli secondnya tinggi juga. Beberapa brand cukup diminati di pasaran dan punya harga second tinggi, ini cocok dipilih karena memudahkan saat pengen ganti hape baru atau sekedar tukar tambah di kemudian hari.

8. Hindari Gimmick

Faktor penting kedelapan, pilih hape sesuai kebutuhan dan hindari gimmick. Setiap tahun akan selalu ada hape baru, fitur baru, bahkan juga berbagai fitur gimmick yang membuat harga hape semakin mahal. Kalo kamu jarang dengerin musik lewat speaker hape dan lebih sering dengerin pake headset, gak perlu beli hape mahal dengan dual stereo dolby audio speaker misalnya. Atau kalo hape pengen sekedar foto-foto aktivitas ringan, gak perlu beli yang kamera belakangnya ada empat dan sebagainya. Intinya lihat kebutuhan kamu, cari hape yang sesuai, hindari fitur ekstra yang tidak diperlukan apalagi fitur gimmic, kalo itu membuat kamu harus membayar lebih banyak uang.

Belanjakan uang semaksimal mungkin untuk fitur yang dibutuhkan, alih-alih menghabiskannya untuk fitur ekstra keren yang sebenarnya jarang dipakai.


Bonus: Tips Untuk Beli Online

Ada sedikit tips buat kamu yang hobi beli online. Supaya kamu bisa merasakan bener-bener experience nya, performa nyata nya, enak enggaknya, alih-alih cuman liat video review, kamu bisa ngemall ya, ke offline store atau official store, nyobain dulu hape mana yang cocok buat kamu, memastikan oke atau enggaknya, baru deh beli online kalo memang lebih seneng belanja online.

Itulah tips memilih hape android yang tepat, beserta faktor-faktor penting yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli hape. Punya tambahan tips lainnya? Sampaikan aja langsung di kolom komentar.

Incoming Search Terms :
  • Tips memilih Smartphone
  • Trik memilih HP Android
  • HP Android Yang Bagus
  • Tpis dan Trik HP Android 
  • Tips dan Trik Membeli HP Android

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done