Pengertian,Fungsi,Lapisan Model OSI - Mak'Tratap
News Update
Loading...

Friday, June 9, 2017

Pengertian,Fungsi,Lapisan Model OSI

OSI (Open System Interconnection)


A.Pengertian Model OSI
Model OSI layer adalah suatu model desain jaringan yang dirancang oleh ISO (Internasional Standards Organization) yang berlokasi di eropa tahun 1997.Model OSI disebut juga dengan model "Tujuh Lapisan OSI" (OSI Seven Layer).
B.Fungsi OSI Layer
    Fungsi OSI layer adalah mengupayakan membuat sistem jaringan komputer yang menunjang interoperatibilitas antar pemasok yang berbeda sehingga memudahkan perangkat dari vendor yang berbeda bisa berkomunikasi.
C.Fungsi 7 Layer OSI,Ketujuh Layer Tersebut Adalah:

7.Lapisan Ke-7 "Application Layer (Lapisan Aplikasi)"
   Lapisan Ke-7 ini menjelaskan spesifikasi untuk lingkup dimana aplikasi jaringan berkomunikasi dengan layanan jaringan.Menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna.Protokol yang berada pada lapisan ini adalah HTTP,FTP,SMTP,NFS.
6.Lapisan Ke-6 "Presentation Layer (Lapisan Presentasi)"
    Lapisan Ke-6 ini berfungsi untuk mentranslasi data yang akan ditransmisikan aplikai ke dalam format yang sesuai dengan transmisi data jaringan.Protokol yang ada pada lapisan ini adalah software redirektor,workstation,network shell,remote desktop protocol.
5.Lapisan Ke-5 "Session Layer (Lapisan Sesi)"
    Lapisan Ke-5 berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat,dibuat,dipelihara,atau dihancurkan.Lapisan ini juga dilakukan resolusi nama.Protokol yang ada pada lapisan ini adalah NETBIOS,NETBEUI,ADSP,PAP,SPDU,RCP.
4.Lapisan Ke-4 "Transport Layer"
  Lapisan ini berfungsi memecah data menjadi sebuah paket data dan memberikan penomoran secara urut sehingga dapat dengan mudah tersusun di tempat tujuan pada waktu diterima.
3.Lapisan Ke-3 "Network Layer (Lapisan Jaringan)"
    Lapisan ini berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP,membuat header untuk paket-paket,dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunkan router dan switch lapisan-3.
2.Lapisan Ke-2 "Data-Link Layer (Lapisan Koneksi Data)"
    Lapisan Data-Link memiliki fungsi mengelompokan bit-bit data menjadi sebuah frame.Di dalam lapisan ini juga terjadi aktifitas mengkoreksi kesalahan,flow control,pengalamatan hardware,dan menentukan jalannya perangkat jaringan seperti hub,bridge,repeater, dan switch layer-2 beroperasi.Protokol yang berada pada lapisan data link adalah PPP(Point to Point Protocol),SLIP (Serial Line Internet Protocol).
1.Lapisan Ke-1 "Physical Layer (Lapisan Fisik)"
    Lapisan Ke-1 ini berfungsi untuk mendefnisikan media transmisi media jaringan ,metode pensimyalan,sinkronisasi bit,arsitektur jaringan,topologi jaringan dan pengkabelan.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done