Cara Mengatasi PC Hidup Tapi Monitor Mati Atau Tidak Tampil - Mak'Tratap
News Update
Loading...

Sunday, June 18, 2017

Cara Mengatasi PC Hidup Tapi Monitor Mati Atau Tidak Tampil

PC adalah alat yang dipakai sehari-hari yang membutuhkannya, seperti membuat tugas, mencari informasi, ngeblog,dll.Jadi PC itu sangat penting, tetapi PC juga sering rusak dan jika pc sobat rusak pasti sobat panik, apa lagi ketika sobat memiliki tugas yang banyak.

Tapi tenang saja Sahabat Informasi kali ini akan memberikan Cara Mengatasi PC Hidup Tapi Monitor Mati silahkan disimak dibawah ini.

Cara Mengatasi PC Hidup Tapi Monitor Mati Atau Tidak Tampil

Caranya:

1.Monitor

Pastikan monitor sobat tidak terdapat kerusakan.Sobat bisa mengecek monitor sobat pada PC lain, Apakah  berjalan normal.Pastikan kabel kabel tertancap dengan benar.

2.Bunyi Beep

Dengarkan bunyi beep pada pc sobat, jadi sobat dapat mengetahui pusat permasalahan Pc sobat.Kode beep ini dapat mengetahui dimana persis di mana penyebab komputer sobat mati.

3.RAM

Cek RAM apa masih dalam kondisi baik dengan cara memindah RAM pada slot yang lain ( jika slot RAM di motherboard sobat lebih dari satu ) atau juga bisa dengan cara membersihkan RAM dari kotoran, cara membersihkannya dengan penghapus pada kuning-kuningnya.
Apabila belum berhasil coba pinjam RAM pada teman dan pasang RAM tersebut pada slot motherboard sobat, bisa jadi slot sobat yang rusak.

4.Cabut Beberapa Komponen

Cabut semua kabel dan hardware pada PC anda lalu pasang kembali.Ada kemungkinan kabel dan hardware yang terpasang pada PC sobat longgar.

5.VGA

VGA merupakan komponen penting dalam proses visualisasi.Jika VGA sobat bermasalah maka monitor tidak akan menampilkan apapun.Untuk cara mengecek apakah VGA yang rusak, sobat bisa cek pada kabel yang digunakan,  putus dan perlu ganti atau masih bagus.Cara selanjutnya cek VGA yang digunakan jika VGA yang dipakai sobat VGA onboard pastikan atau cek VGA onboard sobat bermasalah tidak.Cara selanjutnya jika sobat memakai VGA card, cek slot atau juga bisa cek VGA dengan cara  pasang VGA ke komputer lain yang normal.

6.Korsleting Listrik

Periksa penyebab korsleting listrik di dalam koputer sobat.Bisa jadi ini penyebab kerusakan.

7.Processor

Processor adalah bagian terpenting dalam komputer.Jika processor bermasalah komputer tidak akan bisa bekerja, hanya hidup saja.Bisa jadi processor terlalu panas menyebabkan kegangguan pada performannya, ini bisa kita atasi dengan memberikan sedikit pasta atau pendingin processor.

8.Kembalikan Pengaturan BIOS

Pengaturan BIOS yang salah mengakibatkan komputer tidak bisa menampilkan apa-apa.Untuk cara mengembalikan pengaturan menjadi default dengan cara melepaskan battery CMOS dan memasangnya kembali.Dengan cara seperti itu BIOS secara otomatis kembali ke pengaturan default.

9.Cara Terakhir

Jika cara diatas tidak berhasil lebih baik mencari bantuan yang lebih profesional di pusat servis komputer.

Note:
  • Sangat penting untuk meluangkan waktu untuk membersihkan komputer sobat dan mengecek apakah ada kesalahan.
  • Kalau sobat tidak siap untuk memperbaiki sendiri sobat boleh membawa ke servis komputer, dan apa salahnya kalau mencoba ( itu sih terserah sobat )
  • Jika mereset CMOS menyelesaikan masalah sobat, pastikan sobat mengetes kembali setiap, merubah satu pengaturan BIOS,jadi jika ada masalah datang kembali, Anda akan tahu perubahan mana yang menyebabkan masalah anda.
  • Terimakasih telah berkunjung, Semoga membantu dan jika penting silahkan dishare.
  • Jika kurang paham atau ada pertanyaan bisa berkomentar dibawah.

Share with your friends

1 comment

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done