Komponen Perangkat Input dan Output - Mak'Tratap
News Update
Loading...

Sunday, April 2, 2017

Komponen Perangkat Input dan Output

Sahabat Informasi - Hallo para sahabatku saya akan memberikan materi perakitan komputer Komponen Perangkat Input dan Output mari simak bersama sama:

Komponen Perangkat Input dan Output
Dalam Perangkat Keras (Hardware) Komputer, terdapat 3 Buah Konsep perangkat keras, yakni:

A.Perangkat Input
Perangkat Input adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data-data dan memberikan perintah pada komputer untuk digunakan pada proses lebih lanjut.
Macam-macam:
1. Keyboard
Keyboard merupakan perangkat input yang paling umum digunakan pada komputer, dimana dengan menggunakan keyboard kita bisa memasukan huruf, angka, karakter khusus, atau perintah - perintah yang kita inginkan. Bentuk dari keyboard itu sendiri bermacam - macam ada yang QWERTY (seperti gambar di bawah), DVORAK, KLOCKENBERG, dan semacamnya, tapi yang paling umum digunakan itu keyboard QWERTY.
2. Mouse
Mouse adalah salah satu unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Grapichal User Interface). Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
3.Webcam
Webcam adalah perangkat keras berupa kamera kecil yang biasa ditempatkan di atas monitor/LCD. Fungsi webcam adalah untuk melakukan video call (panggilan video) dan bahkan juga dapat digunakan untuk ber-selfie di depan komputer. Hampir setiap laptop keluaran saat ini telah memiliki web cam.
4. Microphone dan Headphone
Microphone ini dapat merekam suara atau mengambil suara dan nanti nya akan disimpan di memori komputer, selain itu kita bisa mengobrol dengan orang lain menggunakan microphone ini. Dimana suara kita akan terdengar pada lawan bicara kita.
5. Light Pen
Light Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
6. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floopy disk. Fungsi scanner mirip seperti mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau memodifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk text maupun gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer.
7.Joystick
Joystick digunakan hanya untuk pelengkap saat bermain games, dengan menggunakan ini kita lebih gampang untuk memainkannya.
8.Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan kamera digital dengna kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ditentukan oleh pixelnya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital ini tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekam gambar hidup atau begerak seperti halnya video.
9.Flashdisk/CD ROM/DVD ROM/Harddisk External
Perangkat penyimpanan diatas merupakan perangkat masukan tidak langsung. Fungsinya sebagai perangkat masukan adalah untuk memasukan data ke komputer. Data ini tidak dapat langsung digunakan tanpa software tertentu.
10.Barcode Scanner
Barcode dapat menterjemahkan kode yang berbentuk kotak - kotak atau garis - garis tebal secara vertikal, setelah diterjemahkan hasilnya akan berbentuk angka yang muncul pada layar monitor.

B.Perangkat Output
 Output bentuk pertama sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer,  dan alat microfilm. Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel, dan speaker. Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.
Macam-macam:
1. Monitor


Monitor dapat menampilkan hasil yang berbentuk teks, gambar dan video atau Monitor dapat menampilkan segala aktifitas yang ada pada komputer.
 2.Infocus / Proyektor
Infocus atau juga disebut proyektor merupakan alat digunakan untuk presentasi, yang dihubungkan kekomputer untuk menampilkan apa yang ada pada monitor ke suatu screen (layar) ataupun dinding. 
3.Speaker

Speaker merupakan alat out yang dapat memberi hasil informasi berupa suara.
4. Printer


Printer merupakan alat yang cetak yang dapat mencetak teks atau gambar yang nantinya hasil dari teks atau gambar tersebut akan berada di kertas. Ukuran kertas pada printer ini terbatas.
5.Plotter


Plotter ini fungsinya untuk mencetak gambar dalam skala besar, plotter ini sangat cocok untuk mencetak gambar dengan resolusi tinggi dan hasilnya pun tidak akan mengecewakan.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done